Thursday 5 May 2016

Syarat-Syarat Dan Kriteria Blog Yang Diterima Google AdSense Terbaru Dan Terlengkap 2016

Syarat-Syarat Dan Kriteria Blog Yang Diterima Google AdSense Terbaru Dan Terlengkap 2016 by Anas Blogging Tips


Syarat suatu blog agar dapat diterima saat mendaftar Google Adsense harus diketahui oleh semua blogger yang menginginkan untuk menjadi publisher Google Adsense. Tentu setelah membaca artikel sebelumnya sobat sudah dapat memutuskan akan membuat akun Google Adsense hosted atau non hosted. Baik hosted atau non hosted beberapa syarat yang akan saya terangkan tetap berlaku. Tanpa lama lagi, berikut daftar Syarat Blog Dapat Diterima Google Adsense :


1. Konten Blog
Syarat-Syarat Dan Kriteria Blog Yang Diterima Google AdSense Terbaru Dan Terlengkap 2016 by Anas Blogging Tips

Pertama adalah konten blog atau artikel blog. Ini adalah yang paling menentukan menurut saya. Kualitas suatu konten artikel dalam suatu blog harus benar-benar berkualitas dimata Google dan Pengunjung. Google jelas-jelas tidak mau untuk menayangkan iklan advertisernya di blog yang tidak berkualitas. Lalu, kriteria konten artikel seperti apa yang berkualitas?
  • Jenis Konten
Google melarang blog yang mempunyai konten terlarang yang mengandung unsur seperti p0rn0, jud!, 0bat-0batan, nark0b4, s3x, kejah4tan, kek3ras4n, ch34t, h4ck, cr4ck, dan hal hal negatif lain nya. Tentu advertiser tidak mau menayangkan iklan nya pada blog yang seperti itu, maka dari itu Google tidak akan pernah menerima blog dengan konten yang telah disebutkan diatas
  • Artikel Yang Original
Baiklah, suatu kualitas konten dapat dinilai dari  keaslian dan kemurnian konten tersebut. Artikel yang berkualitas adalah artikel yang asli, original dan fresh. Tapi, ini bukan berarti sobat dilarang untuk copas. Artikel copas bisa dijadikan sebagai artikel original dengan cara menulis kembali isi pokok artikel tersebut dengan gaya bahasa yang berbeda dan struktur nya pun dibedakan, maka itu dapat dikatakan artikel original. Saya juga banyak copas dari berbagai sumber, tetapi saya menulis ulang secara manual dan tidak mengaplikasi kan semua isi nya.
  • Jumlah Post
Belum ada yang tahu tentang batas jumlah post untuk dapat diterima oleh Google Adsense. Ada berisikan 30 artikel berkualitas dan diterima, ada juga yang hanya berisikan 5 post langsung diapprove. Saya rasa jumlah post tidak terlalu berpengaruh, tapi kualitas nya lah yang sangat berpengaruh.
  • Artikel Harus Mengandung Banyak Kata
Ini memang benar, dari 30 post yang saya tulis rata-rata didalamnya terdapat 600-2000 kata. Google sangat suka dengan konten yang kaya sehingga mereka merasa bahwa ini adalah konten yang baik dimata pengunjung. Namun, jangan sampai hanya mengandung bahasan yang tidak jelas ya.
  • Artikel Harus Bermanfaat Dan Memberikan Solusi Kepada Visitor
Artikel yang berada dalam blog sobat harusnya sangat bermanfaat dan menemukan solusi untuk visitor. Semakin banyak visitor itu berarti semakin relevan blog sobat dan peluang diterima Google Adsense pun lebih besar. Media Sosial juga mengambil peran penting dalam hal ini. Semakin banyak yang share, like dan memberikan 1+ berarti itu juga bermanfaat bagi pengunjung dan sangat disukai Google.

2. Traffic Blog
Syarat-Syarat Dan Kriteria Blog Yang Diterima Google AdSense Terbaru Dan Terlengkap 2016 by Anas Blogging Tips

Tidak ada batasan traffic dalam mendaftar Google Adsense. Google tidak memberlakukan PV harus segini, UV harus segini. Tidak. Tetapi, Google inging visitor yang datang adalah visitor murni dari Search Engine mereka. Jadi, sobat harus memastikan bahwa visitor organik sobat lebih banyak daripada visitor non organik. Oh iya, jika traffic blog sobat masih sedikit, jangan buru-buru daftar Google Adsense karena ga bakal ada yang klik iklan Adsense nya.
Saya ada sedikit bocoran Tips Rahasia untuk memperbanyak visitor organik. Nah, sobat pasti penasaran kan? Caranya, sobat pasti punya kan akun Facebook? Gabung ke grup-grup Blogger Indonesia sebanyak mungkin. Jika sudah, ajak BlogWalking dengan cara, cantumkan link search keyword blog sobat.
3. SEO Blog
Syarat-Syarat Dan Kriteria Blog Yang Diterima Google AdSense Terbaru Dan Terlengkap 2016 by Anas Blogging Tips

Berbicara kata SEO, Google Adsense tidak pernah memperhatikan nya karena tidak ada hubungan nya dengan SEO. SEO hanya berguna untuk mempernudah ditemukan nya blog sobat pada SERP. Walaupun tidak diperhatikan, SEO bisa sobat manfaatkan. Jika blog sobat sangat SEO maka tentu akan lebih banyak visitor organik datang ke blog sobat yang akan membuka peluang lebih besar diterima Google Adsense.

4. Kelengkapan Blog
Syarat-Syarat Dan Kriteria Blog Yang Diterima Google AdSense Terbaru Dan Terlengkap 2016 by Anas Blogging Tips
Blog yang akan didaftarkan juga harus blog dengan atribusi yang lengkap. Berikut beberapa kelengkapan nya :
  • Halaman Pendukung
Halaman Pendukung ini seperti halaman Terms Of Service, Disclaimer, Privacy Policy dan About. Halaman-halaman tersebut sangat mendukung diterimanya pendaftaran Google Adsense sobat karena blog sobat tampak lebih professional dan lengkap.
  • Menu Navigasi
Kadang-kadang banyak blogger yang bingung ketika ditolak oleh Google Adsense dengan alasa menu navigasi yang tidak jelas. Sebaiknya, jangan dulu pasang menu dropdown dan jangan berikan link ke label artikel, melainkan ke halaman-halaman pendukung diatas atau langsung ke artikel nya.
  • Widget-Widget
Pada saat mendaftarkan Blog ini saya hanya memasang widget Popular Post, Label dan Arsip. Jangan pasang widget-widget tidak penting seperti histats, alexa atau apalah. Google lebih suka kesederhanaan.
  • External Link/Link Keluar
Hal ini juga patut diperhatikan. Minimalisir adanya link keluar dan jika ada, usahakan link yang menuju blog yang masih 1 niche dengan blog sobat.
5. Template Blog
Syarat-Syarat Dan Kriteria Blog Yang Diterima Google AdSense Terbaru Dan Terlengkap 2016 by Anas Blogging Tips

Template sebagai tampilan blog harus lah elegant dimata Google dan nyaman bagi pengunjung, Lalu kriteria template seperti apa itu?
Baiklah, akan saya jelaskan secara rinci juga mengenai kriteria template yang cocok menurut pengalaman saya
  • Google Suka Kesederhanaan, Pakai Template Simple
Sesuai motto Google yang menyukai kesederhanaan, pakai lah template yang simple dan cerah dengan background putih. Jangan pakai template yang ribet, gelap dan terlalu banyak efek, ini malah akan menurunkan kualitas blog sobat dan membuat visitor kabur dalam sekejap. Jadi, simple adalah yang terbaik.
  • Utamakan Template Fast Loading
Selain simple, utamakan juga memakai template yang mempunyai kecepatan loading yang cepat. Ini akan membantu blog sobat ketika direview oleh tim Google Adsense agar lebih cepat proses nya. Natural nya, blog yang fast mempunyai durasi loading antara 0-5 detik. Jika sampai 10 detik blog masih loading maka dapat dipastikan visitor dan Google pun tak mau lagi mengunjungi blog sobat.
  • Template Yang Responsive Dan Mobile Friendly
Fitur pada template ini berguna agar blog sobat dapat menayangkan iklan Adsense dalam perangkat lain dan di mobile sehingga akan semakin banyak juga potensi klik yang akan sobat dapatkan.
  • Perpaduan Warna Putih Dan Biru
Dulu saya sempat baca-baca sebuah artikel, bahwa sebenarnya, template yang memakai perpaduan warna putih dan biru lebih mudah untuk diterima Google Adsense. Saya masih belum percaya, saya mencoba melakukan pencarian dan hasilnya benar saja, blog dengan background putih dan paduan warna biru lebih mudah diterima. Entah apa alasan nya, tapi ini memang kenyataan.
Pada saat pertama mendaftar Google Adsense, blog saya menggunakan template simple dan high CTR buatan Mas Sugeng, yakni Brosense V2 Blogger Template yang memiliki fitur-fitur diatas. Namun, saya redesign dan modifikasi sendiri dan sampai artikel ini ditulis pun masih menggunakan Brosense V2. Sobat dapat mendownload template tersebut di google.
6. Faktor Usia Blogger Dan Blognya 
Syarat-Syarat Dan Kriteria Blog Yang Diterima Google AdSense Terbaru Dan Terlengkap 2016 by Anas Blogging Tips

Ini sering kali jarang diperhatikan dan dianggap sepele, padahal, seorang Blogger yang ingin menjadi Publisher Google Adsense minimal harus berusia 17 tahun ke atas. Namun, jika sobat masih dibawah 17 tahun, sobat dapat menggunakan akun gmail dengan data KTP orang tua sobat. Saya sendiri sampai artikel ini ditulis masih berusi 13 tahun. Namun saya berhasil menjadi Publisher Google Adsense.
Lalu, bagaimana dengan usia blog? Oke, usia blog tergantung dengan jenis akun Adsense mana yang sobat ingingkan. Jika akun hosted berarti masih menggunakan subdomain, blog harus berusia minimal 6 bulan. Tetapi jika sobat menginginkan akun non hosted maka sobat harus membeli domain TLD, namun tidak ada batasan usia blog jika sudah berdomain TLD. Tapi perlu diingat bahwa pada saat mengganti domain ke TLD berarti blog sobat harus dimulai dari nol lagi layaknya blog baru.
7. Baca Kebijakan Google Adsense
Syarat-Syarat Dan Kriteria Blog Yang Diterima Google AdSense Terbaru Dan Terlengkap 2016 by Anas Blogging Tips

Syarat atau kriteria terakhir blog yang dapat diterima Google Adsense adalah, sobat harus membaca terlebih dahulu halaman kebijakan Google yang super lengkap. Semuanya ada disitu yang dapat sobat kunjungi di Kebijakan Program Adsense
Mungkin hanya sampai sini saja yang dapat saya tulis hari ini. Hal-hal diatas harus diperhatikan semuanya, pada artikel selanjutnya kita akan membahas seputar Google Adsense juga.
Saya rasa dengan adanya artikel ini dapat membantu sobat mengerti mengenaisyarat atau kriteria blog yang dapat diterima Google Adsense 2016.

Load disqus comments

0 comments